This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 31 Maret 2012

PROFESIONALISME GURU

Dalam dunia pendidikan, peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri.
Filsofis sosial budaya dalam pendidikan di Indonesia, telah menempatkan fungsi dan peran guru sedemikian rupa sehingga para guru di Indonesia tidak jarang telah di posisikan mempunyai peran ganda bahkan multi fungsi. Mereka dituntut tidak hanya sebagai pendidik yang harus mampu mentransformasikan knowledge, values, dan skill, tetapi sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan tidak jarang, para guru dianggap sebagai orang kedua, setelah orang tua anak didik dalam proses pendidikan secara global.
Dalam era reformasi pendidikan, dimana salah satu isu utamanya adalah peningkatan profesionalisme guru, hal itu merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam mencapai pendidikan yang lebih berkualitas.
Selain itu, pendidikan sebagai sebuah proses selalu berdampak pada sebuah upaya untuk senantiasa memperbaiki agar hasil tersebut menjadi baik. Untuk memperbaiki hasil pendidikan kita, tentu kita perlu tahu tentang kondisi pendidikan kita.
Kita sadari bahwa profesionalisme guru merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi, seiring dengan semakin meningkatnya persaingan yang semakin ketat dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Diperlukan orang-orang yang memang benar benar-benar ahli dibidangnya, sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya agar setiap orang dapat berperan secara maksimal, termasuk guru sebagai sebuah profesi yang menuntut kecakapan dan keahlian tersendiri. Profesionalisme tidak hanya karena faktor tuntutan dari perkembangan jaman, tetapi pada dasarnya juga merupakan suatu keharusan bagi setiap individu dalam kerangka perbaikan kualitas hidup manusia. Profesionalisme menuntut keseriusan dan kompetensi yang memadai, sehingga seseorang dianggap layak untuk melaksanakan sebuah tugas
Guru profesional seharusnya memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogis, kognitif, personaliti, dan sosial. Oleh karena itu, selain terampil mengajar, seorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik.Mereka harus (1) memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme, (2) memiliki kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang tugasnya, (3) memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya. Di samping itu, mereka juga harus (4) mematuhi kode etik profesi, (5) memiliki hak dan kewajiban dalam melaksanakan tugas, (6) memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerjanya, (7) memiliki kesempatan untuk mengembangkan profesinya secara berkelanjutan, (8) memperoleh perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas profesionalnya
Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah melalui sertifikasi sebagai sebuah proses ilmiah yang memerlukan pertanggung jawaban moral dan akademis. Dalam isu sertifikasi tercermin adanya suatu uji kelayakan dan kepatutan yang harus dijalani seseorang, terhadap kriteria-kriteria yang secara ideal telah ditetapkan.
Sertifikasi bagi para Guru merupakan amanah dari UU Sistem Pendidikan Nasional kita (pasal 42) yang mewajibkan setiap tenaga pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar yang dimilikinya. Singkatnya adalah, sertifikasi dibutuhkan untuk mempertegas standar kompetensi yang harus dimiliki para guru sesui dengan bidang ke ilmuannya masing-masing.
Faktor lain yang harus dilakukan dalam mencapai profesionalisme guru adalah, perlunya perubahan paradigma dalam proses belajar menajar. Anak didik tidak lagi ditempatkan sekedar sebagai obyek pembelajaran tetapi harus berperan dan diperankan sebagai subyek. Sang guru tidak lagi sebagai instruktur yang harus memposisikan dirinya lebih tinggi dari anak didik, tetapi lebih berperan sebagai fasilitator atau konsultator yang bersifat saling melengkapi. Dalam konteks ini, guru dituntut untuk mampu melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif secara dinamis dalam suasana yang demokratis. Dengan demikian proses belajar mengajar akan dilihat sebagai proses pembebasan dan pemberdayaan, sehingga tidak terpaku pada aspek-aspek yang bersifat formal, ideal maupun verbal. Penyelesaian masalah yang aktual berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah harus menjadi orientasi dalam proses belajar mengajar.
Salah satu faktor yang dapat merangsang profesionalisme guru adalah, jenjang karir yang jelas. Dengan adanya jenjang karir yang jelas akan melahirkan kompetisi yang sehat, terukur dan terbuka, sehingga memacu setiap individu untuk berkarya dan berbuat lebih baik.
Kesejahteraan merupakan isu yang utama dalam konteks peran dan fungsi guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Paradigma professional tidak akan tercapai apabila individu yang bersangkutan, tidak pernah dapat memfokuskan diri pada satu hal yang menjadi tanggungjawab dan tugas pokoknya. Oleh sebab itu, untuk mencapai profesionalisme, jaminan kesejahteraan bagi para guru merupakan suatu hal yang tidak dapat diabaikan dan dipisahkan.

SUKSES UAN 2012

Kami berusaha selalu memberikan yang terbaik! Dan itu merupakan komitmen kami!!!, Untuk itu dalam rangka menyongsong UAN 2012 yang segera kita laksanakan, kami, TEAM MGMP Matematika SMP Kab. Tulungagung, tidak perbah merasa bosan untuk membantu para peserta didik SMP di Kab. Tulungagung agar dalam menghadapi UAN 2012 nanti akan jauh lebih siap, dengan cara memberikan lagi serangkaian latihan soal sebagai kesinambunagn dari Prediksi UAN 2012 yang sudah kami unggah beberapa saat lalu.
Dan seluruh soal yang kami berikan, selalu kami pilih dan kami sesuaikan dengan kisi kisi UAN 2012.
Pada kesempatan kali ini, kami lengkapi soal dengan kunci pembahasannya!!!
Harapan kami...,dengan semakin sering peserta didik berlatih mengerjakan soal soal yang kami berikan, semakin mereka memahami pelajaran Matematika dengan baik, dan tentunya semakin siap mereka menghadapi UAN.
Link Download Latihan UAN 2012 :
1. Soal Sukses Uan 2012
2. Kunci Sukses Uan 2012



Selasa, 27 Maret 2012

Silabus OSN 2012

Dalam rangka pelaksanaan OLIMPIADE MIPA, IPS MGMP SMP Kabupaten Tulungagung yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2012, Tim MGMP memberikan panduan bagi peserta dan pendamping berupa silabus OSN yang bisa di download disini

Sabtu, 24 Maret 2012

Tagihan Individu KKG Bermutu



Tagihan Individu KKG Bermutu


Tagihan individu pada kegiatan KKG Bermutu tahun 2011/2012 antara lain :
 1.  Silabus

      Silabus merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/ MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Silabus yang dilaporkan adalah yang anda buat dan digunakan di sekolah.
Silabus yang harus dilaporkan adalah untuk standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan ketentuan:
a.      Untuk Guru Kelas:
1)      Satu tahun ajaran
2)      Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)      Salah satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.
b.      Untuk Guru Bidang Studi:
1)      Satu tahun ajaran
2)      Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)      Salah satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
4)      Salah satu mata pelajaran yang diajarkannya
          Silabus yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota anda

2.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

      RPP merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.

RPP  yang harus dilaporkan adalah:
a.      Untuk Guru Kelas:
1)      Satu tahun ajaran
2)     Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)      Salah satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.

b.      Untuk Guru Bidang Studi:
1)      Satu tahun ajaran
2)      Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)      Salah satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
4)      Salah satu mata pelajaran yang diajarkannya

RPP disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota anda.

 3.  Jurnal Kegiatan KKG

      Jurnal Belajar merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Jurnal belajar berisi catatan tentang berbagai kegiatan belajar di kelompok kerja yang dilakukan oleh setiap guru anggotanya.

Jurnal Belajar yang harus dibuat oleh masing-masing anggota Pokja minimal 17 (tujuh belas), satu untuk in service dan 16 (enam belas) untuk on service.

Jurnal belajar yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Pengelola Program BERMUTU sebagaimana dapat dilihat dalam halaman berikut:

 4.  Karya Ilmiah:

Karya Tulis Ilmiah merupakan tugas pilihan, oleh sebab itu  peserta tidak harus membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan atau Kajian Kritis, kecuali bagi mereka yang membutuhkan untuk kenaikan pangkat. Peserta dapat menggunakan format yang selama ini telah ada.

Macam-macam KTI :
a. Makalah
b. Artikel
c. Kajian Kritis
d. Laporan Best Practice
e. Hasil Terjemahan Bahan Ajar
f. Penulisan Buku
g. Diktat
h. Jobsheet
i. HandOut

Kamis, 22 Maret 2012

Pengumunan Hasil UKA 2012

Anda Guru SMP di Kabupaten Tulungagung dan kesulitan melihat hasil pengumuman hasil UKA...???, Ataukah ingin memastikan bahwa nama Anda tercantum dalam daftar kelulusan yang dikeluarkan oleh Informasi Sertifikasi Guru...??? 
Sebenarnya dengan meng-klik link terkait sergur.kemdiknas yang berada disebelah kanan bawah halaman Web MGMP ini, anda dengan mudah sampai  pada situsnya.., Namun selalu kami berusaha untuk jauh memudahkan anda dalam memberikan informasi terbaru, untuk itu Team MGMP telah mempersiapkan link  alternatif yang berisikan daftar nama peserta yang LULUS dalam pelaksanaan ujian lalu, dan kami ambil dari situs resminya tanpa melakukan perubahan apapun  (kami ambil  dari situs pertanggal 22 Maret 2012).
Koq agak terlambat..??? Hal ini tidak lain disebabkan kesulitan untuk meng-akses secara langsung dari situsnya pada hari sebelumnya, mungkin disebabkan banyaknya yang ingin melihat pengumuman tsb (sak Indonesia selak kepengin weruh kabeh).
Sebanyak 553 peserta tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung yang dinyatakan LULUS, file dalam bentuk Ms. Word..., bisa dengan sangat mudah untuk dicetak. Selamat bagi rekan rekan yang sudah dinyatakan LULUS..., dan JANGAN LUPA..., kalau mengadakan acara Syukuran kami diundang Lho, he he...
Oh ya..., link downloadnya ada disini ( Ziddu ) atau disini ( MF )

Selasa, 20 Maret 2012

Kuis Barisan Bilangan

Menjadi komedian dan pemain sepakbola terkenal, tidak membuat CHRISTIAN GONSULE melupakan belajar matematika!!! Masak iya sihhh.....??? lha terrbukti koq bahwa saat ini SULE sibuk menyelesaikan KUIS BARISAN BILANGAN!..., Ingin menemani SULE belajar....??? Silakan download KUIS-nya disini ( Ziddu)atau disini (MF)

Senin, 05 Maret 2012

Hasil Pembahasan Soal UAN tahun 2010/2011

Berikut adalah hasil pembahasan soal UAN tahun 2010/2011 (Paket soal yang diujikan di Kota Yogyakarta) oleh tim pembahas PPPPTK Matematika.

RPP Kelas VIII

1. RPP Kelas VIII Semester 1 bisa didownload disini
2. RPP Kelas VIII Semester 2 bisa didownload disini

Sabtu, 03 Maret 2012

Soal dan pembahasan OSN TKProv. 2011

Soal dan pembahasan OSN TKProv. 2011 bisa didownload disini :

Jumat, 02 Maret 2012

MODEL MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran adalah suatu acuan atau pedoman dari sesuatu yang akan  dilakukan yang di dalamnya  memuat cara  untuk menjadikan  orang belajar.
Saat ini sudah banyak para  pakar yang berusaha mengembangkan  berbagai model pembelajaran matematika. Namun demikian, dalam makalah ini selain hanya difokuskan pada 4 model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) juga akan sedikit diuraikan kembali model pembelajaran langsung yang  mana untuk materi-materi tertentu  sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika.
Model model pembelajaran bisa di download disini :

Pythagoras

Pythagoras, Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.
Dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.
Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.
Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa √2, hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.
Dalam matematika, teorema Pythagoras adalah suatu keterkaitan dalam geometri Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku. Teorema ini dinamakan menurut namanya.
Dalam tradisi Yunani, diceritakan bahwa ia banyak melakukan perjalanan, diantaranya ke Mesir. Perjalanan Phytagoras ke Mesir merupakan salah satu bentuk usahanya untuk berguru, menimba ilmu, pada imam-imam di Mesir. Konon, karena kecerdasannya yang luar biasa, para imam yang dikunjunginya merasa tidak sanggup untuk menerima Phytagoras sebagai murid. Namun, pada akhirnya ia diterima sebagai murid oleh para imam di Thebe. Disini ia belajar berbagai macam misteri. Selain itu, Phytagoras juga berguru pada imam-imam Caldei untuk belajar Astronomi, pada para imam Phoenesia untuk belajar Logistik dan Geometri, pada para Magi untuk belajar ritus-ritus mistik, dan dalam perjumpaannya dengan Zarathustra, ia belajar teori perlawanan.
Selepas berkelana untuk mencari ilmu, Phytagoras kembali ke Samos dan meneruskan pencarian filsafatnya serta menjadi guru untuk anak Polycartes, penguasa tiran di Samos. Kira-kira pada tahun 530, karena tidak setuju dengan pemerintahan tyrannos Polycartes, ia berpindah ke kota Kroton di . Di kota ini, Phytagoras mendirikan sebuah tarekat beragama yang kemudian dikenal dengan sebutan “Kaum Phytagorean.”

Kaum Phytagorean
Kaum phytagorean sangat berjasa dalam meneruskan pemikiran-pemikiran Phytagoras. Semboyan mereka yang terkenal adalah “authos epha, ipse dixit” (dia sendiri yang telah mengatakan demikian). Kaum ini diorganisir menurut aturan-aturan hidup bersama, dan setiap orang wajib menaatinya. Mereka menganggap filsafat dan ilmu pengetahuan sebagai jalan hidup, sarana supaya setiap orang menjadi tahir, sehingga luput dari perpindahan jiwa terus-menerus.
Diantara pengikut-pengikut Phytagoras di kemudian hari berkembang dua aliran. Yang pertama disebut akusmatikoi (akusma = apa yang telah didengar; peraturan): mereka mengindahkan penyucian dengan menaati semua peraturan secara seksama. Yang kedua disebut mathematikoi (mathesis = ilmu pengetahuan): mereka mengutamakan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pasti.

Kamis, 01 Maret 2012

Soal Theorema Pythagoras

Kumpulan soal soal Theorema Pythagoras :
Sumber : http://matematikasmpdki.blogspot.com

OSN 2012 Matematika

OSN 2012 Matematika

Belajar, berlatih dengan giat adalah satu cara untuk meraih keberhasilan. Dalam rangka menyongsong kegiatan Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten yang Insya'Allah akan digelar oleh MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung, disini kami berikan Soal OSN tahun 2011. 
Harapan kami soal ini bisa digunakan untuk berlatih bagi guru dan peserta didik.
Soal OSN Matematika Tahun 2011 bisa di download disini atau disini