Jumat, 15 Juni 2012

Anak Buruh Tani Raih Nilai UN Tertinggi

TRIBUNNEWS.COM, KEDIRI -
Hasil kelulusan siswa SD di Kabupaten Kediri memang baru akan diumumkan, Sabtu (16/06/2012). Namun, peraih nilai ujian nasional tertinggi se Kabupaten Kediri sudah diketahui.

Siswa berprestasi itu adalah Defi Dwi Arnawati, siswa SDN Cendono I Kecamatan Kandat. Defi menyabet nilai UN murni 29,60. Nilai ini menempatkan Defi di peringkat 7 se Jawa Timur.

Ditemui Surya di rumahnya, Defi mengaku awalnya tidak percaya bisa menjadi peraih nilai UN tertinggi. Kabar itu kali pertama diketahui dari kepala sekolahnya. Saat itu, Defi diminta untuk masuk ke ruang kepala sekolah. Di sana ternyata semua guru sudah menunggu dan langsung menjabat tangannya untuk mengucapkan selamat.

Defi sempat bingung. Ia baru sadar meraih nilai UN tertinggi setelah diperlihatkan selembar kertas berisi pengumuman. “Tulisannya saya ranking satu dan nilainya 29,60,” ujarnya malu – malu.

Bocah kelahiran 13 Desember 1999 itu lantas pulang dan menceritakan prestasinya pada orangtuanya. Namun, Khomsatun, ibunya juga tidak percaya. Pasalnya, pada saat try out, anak keduanya itu justru meraih nilai dibawah teman – temannya. “Saya tidak menyangka kalau Defi bisa jadi juara,” kata Khomsatun.

Khomsatun menuturkan, sejak kecil Defi memang sudah terlihat cerdas. Salah satu buktinya, ketika masih duduk di bangku TK, Defi sudah sangat lancar membaca. Selain itu, di kelas Defi juga sering menduduki peringkat dua besar.

Namun, ia tetap tidak menduga anaknya bisa mengukir prestasi setinggi itu. Sebab, sekolah tempat anaknya menimba ilmu termasuk sekolah pinggiran. “Masak sekolah pinggiran bisa mengalahkan sekolah kota. Tapi setelah sampeyan ke sini, saya jadi percaya,” imbuhnya sambil tertawa.

Kairin, ayah Defi juga mengaku bangga atas prestasi putrinya. Mengingat, ia hanyalah buruh tani yang hanya bisa memenuhi kebutuhan Defi seadanya. “Kami hidup pas-pasan. Tapi ternyata dengan keadaan seperti ini, Defi bisa jadi juara,” katanya.

Sumber : TRIBUNNEWS KEDIRI

0 komentar:

Posting Komentar